Bagaimanakan Seseorang Bisa Terkena Kutu Rambut?

Kutu rambut merupakan parasit yang dapat ditemukan di kepala manusia. Pediculosis adalah istilah yang biasa dipakai kalangan medis untuk menyatakan infeksi kutu kepala. Kutu kepala ini berbeda dengan kutu kemaluan (Pthirus pubis) yang menyebabkan infeksi rambut kemaluan dan kutu badan (Pediculus humanus corporis). Infestasi kutu rambut dan sudah ada sejak zaman dulu dan frekuensi pasti terhadap infeksinya tidak diketahui, yang diketahui berdasarkan laporan penelitian di perkirakan kasus kutu rambut ini berkisar antara 6-12 juta per tahun.

Bagaimanakah cara menglilangkan kutu rambut ?, perlu di ketahui siapa saja yang melakukan kontak dekat dengan seseorang yang sudah memiliki kutu rumbut sangat berisiko tertular kutu. jadi mudah sekali untuk menularkan kutu rambut dari satu orang ke orang lain terutama pada anak-anak dan keluarga mereka. Anak perempuan lebih sering terkena kutu rambut daripada anak laki-laki.

Seorang anak dapat tertular kutu rambut dalam beberapa cara.

  • Kontak dengan orang yang sudah terinfeksi
  • Mengenakan pakaian yang orang yang sudah terkena kutu rambut, seperti topi, syal, mantel, seragam olahraga, atau pita rambut
  • Menggunakan sisir, sikat, atau handuk yang penuh kutu
  • Berbaring di tempat tidur, sofa, bantal, karpet, atau boneka binatang yang baru saja melakukan kontak dengan seseorang yang terkena kutu

Apakah terinfeksi kutu rambut berarti orang tersebut memiliki kebersihan yang buruk? jawabanya adalah belum tentu, karena infeksi kutu kepala tidak ada hubungannya dengan kebersihan pribadi, siapa saja bisa terinfeksi kutu rambut.

Ada tiga bentuk kutu, yaitu nit, nimfa, dan kutu dewasa.

Nit: adalah telur kutu. Telur kutu sulit untuk dilihat dan kadang terlihat ketombe atau tetesan semprotan rambut. Telur kutu ditemukan menempel kuat pada batang rambut. Mereka berbentuk oval, panjang 2-3 mm dan biasanya berwarna kuning hingga putih. Telur kutu membutuhkan waktu sekitar satu minggu untuk menetas.

Nimfa: adalah telur kutu menetas menjadi kutu bayi yang disebut nimfa. Bentuknya seperti kutu kepala dewasa tetapi ukurannya lebih kecil. Nimfa menjadi dewasa sekitar tujuh hari setelah menetas. Untuk hidup, nimfa harus memakan darah manusia.

Kutu Dewasa: adlah kutu yang berukuran sebesar biji wijen, memiliki enam kaki, dan berwarna putih keabu-abuan. Pada orang dengan rambut gelap, kutu dewasa terlihat lebih gelap. Kutu  betina tugas bertelur dan mereka biasanya lebih besar dari kutu laki-laki. Kutu dewasa dapat hidup hingga 30 hari di kepala manusia.

Kutu rambut paling sering terletak di kulit kepala di belakang telinga dan di dekat garis leher di belakang leher. Kutu rambut memegang rambut dengan cakar seperti kait yang ditemukan di ujung masing-masing dari enam kaki mereka. Kutu rambut jarang ditemukan di tubuh, bulu mata, atau alis. Kutu rambut sering dikacaukan dengan ketombe. Ketombe dapat dengan mudah dibedakan dengan menyisir rambut atau bahkan hanya digosok. Ketombe harus mudah dihilangkan, tetapi telur kutu menempel kuat pada batang rambut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top