Gantung Sepatu, 5 Pesepakbola Dunia ini Pensiun di Tahun 2021

unnamed

Karier seorang pesepakbola memang tergolong singkat dibandingkan dengan profesi lainnya. Rata-rata pemain biasanya pensiun pada usia 35 tahun. 

Namun, ada beberapa pesepakbola yang memilih gantung sepatu di bawah 35 tahun karena cedera atau tidak ada klub yang mau menawarkan kontrak baru. Sehingga, tidak sedikit pemain yang masih bermain di usia lanjut, bahkan hingga 40 tahun ke atas. 

Setiap tahun selalu ada pemain yang pensiun, tak terkecuali 2021. Berikut berita sepakbola mengenai lima pesepakbola ternama yang memutuskan gantung sepatu tahun ini.

  • Sergio Aguero, Pemain Legenda Argentina dan Manchester City

Legenda Argentina dan Manchester City, Sergio Aguero terpaksa pensiun pada usia 33 karena penyakit jantung dan setelah disarankan oleh petugas medis untuk tidak melakukan aktivitas fisik yang intens.

Aguero, tercatat sebagai striker terbaik generasinya dan bisa dibilang pemain terhebat dalam sejarah Manchester City. Dia telah mencetak 260 gol untuk klub dan merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa mereka.

Karier internasional Aguero juga cukup baik bersama timnas Argentina, mencetak lebih dari 100 pertandingan dan mencetak 41 gol. Sebelum pensiun, Aguero berhasil membantu negaranya mengakhiri puasa selama 28 tahun setelah menjuarai Copa America 2021.

  • Arjen Robben, Pemain Sayap di Dunia

 

Dianggap sebagai salah satu pemain sayap terbaik di dunia, Arjen Robben mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola pada Juli 2021 setelah kembali ke klub tempat ia memulai karirnya, Groningen pada musim 2020/2021. Pemain berusia 37 tahun itu telah bermain untuk beberapa klub selama karirnya, namun puncak karirnya adalah membela Bayern Munich.

Bersama klub Jerman, Robben membuat 309 penampilan dalam 10 tahun dan membantu memenangkan delapan gelar Bundesliga dan Liga Champions 2013. Robben juga membuat 96 penampilan untuk tim nasional Belanda dan hasil terbaiknya membawanya ke final Piala Dunia 2010 sebelum kalah dari Spanyol.

  • Wayne Rooney, Pencetak Gol Terbanyak Manchester United

 

Pencetak gol terbanyak Inggris dan Manchester United, Wayne Rooney memutuskan untuk pensiun pada Januari 2021 setelah ditunjuk sebagai manajer klub divisi dua Inggris Derby County.

Nama Rooney menjadi terkenal di dunia sepak bola bermain untuk United, membawanya ke beberapa trofi antara 2004 dan 2017 dan mengukuhkan dirinya sebagai salah satu striker terbaik di Liga Premier Inggris.

  • Sami Khedira, Pemain Kunci Real Madrid dan Juventus

 

Gelandang serba bisa ini jarang menerima pujian yang layak untuk penampilannya di lapangan, tetapi pemain berusia 34 tahun itu sering menjadi bagian penting dari skuad Real Madrid dan Juventus sepanjang karirnya dan juga merupakan pemain kunci di Piala Dunia 2014. Di Jerman, Hertha Berlin menjadi klub terakhir yang diperkuat Khedira sebelum gantung sepatu di akhir musim 2020/2021.

  • Mario Mandzukic, Striker Andalah Kroasia di Piala Dunia 2018

Pemain lain yang jarang mendapat pujian dalam kariernya adalah Mario Mandzukic. Striker Kroasia telah bermain secara teratur untuk Bayern Munich, Atletico Madrid dan Juventus. 

Pemain berusia 35 tahun itu juga menjadi bagian dari tim nasional Kroasia yang mencapai final Piala Dunia 2018 bersama sang gelandang. Striker tersebut telah memenangkan trofi di beberapa liga. Tim terakhir Mandzukic adalah Milan.

Dia telah membuat 582 penampilan dan mencetak 228 gol karir.

Penutup

Itulah berita sepakbola mengenai 5 pemain Sepak Bola dunia yang pensiun di tahun 2021 ini. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda seputar sepakbola dunia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top